✔ Teladan Rpp Bahasa Arab Kurtilas Kelas 7,8,9 Wacana Istima' Revisi 2017
Contoh RPP Bahasa Arab Kurtilas Kelas 7 ihwal Istima' revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Madrasah: MTs Nurul Falah Cimahi
Mata Pelajaran: Bahasa Arab
Kelas/Semester: VII/I
Materi : Mendengar (الاستماع) ihwal :
التعريف بالنفس
Alokasi Waktu: 3 x 40 menit 1 x pertemuan
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran dibutuhkan siswa bisa memahami serta sanggup :
1.1. Mensyukuri kesempatan sanggup mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. Menunjukkan prilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
3.1. Mengidentifikasi suara kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :
التعريف بالنفس
baik secara verbal maupun tulisan.
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan sederhana ihwal topik التعريف بالنفس memperhatikan struktur kata dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
الاستماع مهارة(Keterampilan mendengar) ihwal topik: perkenalan diri
التعريف بالنفس
Pertanyaan Jawaban
مَنْ أَنْتَ ؟ أَنَا طَالِب . اِسْمِي عَزَّام
مَنْ أَنْتِ ؟ أَنَا طَالِبَة . اِسْمِي حِلْيَة
مَنْ هذَا ؟ هذَا صَدِيْقِي . هُوَ طَالِب
مَنْ هذِهِ ؟ هذِهِ صَدِيْقَتِي . هِيَ طَالِبَة
مَنْ اسمك اسمي احمد انا طالب
D. METODE : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemecahan masalah
E. MEDIA: Laptop, infokus dan lembar kerja
F. SUMBER: Buku Paket Bahasa Arab kelas VIII dan Kamus Bahasa Arab
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahapan
Pembelajaran Pendekatan Metode Deskripsi Kegiatan Guru dan Siswa Alokasi
Waktu
Pendahuluan Kegiatan Guru
1. menjawab salam
2. membaca do’a yang dipimpin oleh ketua kelas
3. mendengarkan guru mengabsen
4. Merespon pertanyaan guru ihwal bahan yang sudah dipelajari dengan serius
5. menyimak tujuan dan klarifikasi bahan yang disampaikan guru
Diskusi dan tanya jawab
2. Siswa menanyakan bahan ihwal التعريف بالفسُ yang belum dipahami
Mencoba dengan penuh semangat
1. Siswa melafalkan bahan tentang: التعريف بالفسُ
2 Siswa memperlihatkan gambar atau memperagakannya sesuai dengan suara kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
3. Siwa melafalkan kalimat dengan bahasa Arab sesuai gambar yang disajikan.
1. Siswa menjawab pertanyaan ihwal gambar dengan bahasa Arab yang tepat
2. Siswa memperlihatkan gambar sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
3. Siswa memperagakan sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
1. Siswa melafalkan kalimat bahasa Arab sesuai dengan gambar
2. Siswa melafalkan kalimat bahasa Arab ihwal gambar beserta artinya.
3. Siswa memperagakan dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan 80 menit
Kegiatan Penutup
1. Bentuk evaluasi :
a. Tugas individu
b. Tugas Kelompok
2. Tehnik Penilaian :
a. Individu : Tes tertulis (terlampir)
b. Kelompok : Penugasan (terlampir)
3. Bentuk Instrumen : Uraian
Mengetahui
Kepala Madrasah,
H. Deden Ridwan, S.H
NUPTK. 1447745647200043 Cimahi, ……………………… 2017
Guru Bahasa Arab,
Toto Herdianto, S.Pd.I
NUPTK: 9559758659200003
Lembar Kerja Siswa (LKS)
A. Tugas Individu
1.Coba Hafalkan Mufrodat/Arti Kata dibawah ini dengan pengucapan dan intonasi yang benar!
Kata Arti Kata Arti Kata Arti
هُوَ Dia
(laki) مَنْ Siapa تِلْكَ itu (perempuan)
هِيَ Dia (perempuan) اِسْمِي Namaku طَالِب siswa
أَنْتَ Kamu
(laki) هذَا ini
(laki) طَالِبَة siswi
أَنْتِ Kamu (perempuan) هذِهِ ini (perempuan) صَدِيْقِي Temanku
(laki)
أَنَا Saya ذَلِكَ itu (laki) صَدِيْقَتِي Temanku
(perempuan)
2. Isilah titik-titik dengan kalimat yang sesuai pilihan tanda kurung
.1 هذَا صَدِيْقِي .... طَالِب ( هُوَ–هذَا - اِسْمِي )
2. أَنَا طَالِبَة . اِسْمِي ... ( حِلْيَة - عَزَّام-صَدِيْقَتِي )
3. أَنَا ... . اِسْمِي عَزَّام ( طَالِب - صَدِيْقِي - حِلْيَة )
4. هذِهِ ... . هِيَ طَالِبَة ( صَدِيْقَتِي - صَدِيْقِي - عَزَّام )
5. مَنْ أَنْتَ ؟ ... ( أَنَا طَالِب- اِسْمِي عَزَّام - هُوَصَدِيْقِي )
( أَنْتِ - أَنَا - أَنْتَ ) مَنْ ... ؟أَنَا طَالِب .6
Kunci Jawaban: 2.1
1. Huwa
2. Hilyah
3. Thoolibun
4. Shadiiqotii
5. Anaa Thoolibun
6. Anta
B. Tugas Kelompok
Mencocokan kalimat
Setiap Kelompok Mencocokan kalimat yang sesuai dan benar
ب. صِلْ !
1. هُوَ هذَا صَدِيْقِي
2. أَنَا طَالِبَة هُوَ صَدِيْقِي
3. مَنْ هذَا ؟ طَالِب
4. مَنْ هذِهِ؟ اِسْمِي آمِنَة
5. هذَا أَحْمَد هذِهِ صَدِيْقَتِي
a. Remedial
Bagi akseptor didik yang belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh akseptor didik. Berdasar dari identifikasi itu, guru memberikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada bahan yang dianggap sulit oleh akseptor didik.
Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada ketika jam mencar ilmu (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit sesudah jam mencar ilmu selesai). Penilaian dilakukan dengan tipe soal sejenis.
b. Pengayaan.
Bagi akseptor didik yang sudah menguasai bahan pembelajaran, diminta untuk mengerjakan bahan pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan menawarkan komplemen nilai bagi akseptor didik yang berhasil dalam pengayaan). Siswa yang belum mencapai ketuntasan mencar ilmu diberikan kesempatan untuk memperbaikinya sesuai dengan indikator pembelajaran yang belum tercapai baik dengan cara dibrikan kiprah atau dengan mengulang tes. Jika didapati banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan mencar ilmu maka guru wajib menawarkan pembelajaran ulang sesuai dengan indikator yang belum tercapai oleh kebanyakan siswa (remedial teaching), selanjutnya guru melaksanakan evaluasi kembali dengan indikator soal yang sejenis. Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu atas kesepakataan antara siswa dan guru.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Madrasah: MTs Nurul Falah Cimahi
Mata Pelajaran: Bahasa Arab
Kelas/Semester: VII/I
Materi : Mendengar (الاستماع) ihwal :
التعريف بالنفس
Alokasi Waktu: 3 x 40 menit 1 x pertemuan
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran dibutuhkan siswa bisa memahami serta sanggup :
- Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya
- Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanny
- Mengidentifikasi bunyi, kata, frasa, dan kalimat b. arab yang berkaitan dengan tema: التعريف بالنفس baik secara verbal maupun tulis.
- Mendemonstrasikan ungkapan sederhana ihwal topik ألتعريف بالفس dengan memperhatikan struktur kata dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
- Memperagakan suara kata dan kalimat Bahasa Arab yang diperdengarkan ihwal topik التعريف بالفس
1.1. Mensyukuri kesempatan sanggup mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. Menunjukkan prilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
3.1. Mengidentifikasi suara kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :
التعريف بالنفس
baik secara verbal maupun tulisan.
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan sederhana ihwal topik التعريف بالنفس memperhatikan struktur kata dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
- Melafalkan bunyi, kata, frase yang diperdengarkan ihwal topik التعريف بالنفس
- Menunjukan goresan pena sesuai suara kata, frase dan kalimat Bahasa Arab yang diperdengarkan
- Menunjukan gambar sesuai suara kata , frase dan kalimat Bahasa Arab yang diperdengarkan ihwal topik التعريف بالنفس
- Memperagakan suara kata dan kalimat Bahasa Arab yang diperdengarkan ihwal topik التعريف بالنفس
الاستماع مهارة(Keterampilan mendengar) ihwal topik: perkenalan diri
التعريف بالنفس
Pertanyaan Jawaban
مَنْ أَنْتَ ؟ أَنَا طَالِب . اِسْمِي عَزَّام
مَنْ أَنْتِ ؟ أَنَا طَالِبَة . اِسْمِي حِلْيَة
مَنْ هذَا ؟ هذَا صَدِيْقِي . هُوَ طَالِب
مَنْ هذِهِ ؟ هذِهِ صَدِيْقَتِي . هِيَ طَالِبَة
مَنْ اسمك اسمي احمد انا طالب
D. METODE : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemecahan masalah
E. MEDIA: Laptop, infokus dan lembar kerja
F. SUMBER: Buku Paket Bahasa Arab kelas VIII dan Kamus Bahasa Arab
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahapan
Pembelajaran Pendekatan Metode Deskripsi Kegiatan Guru dan Siswa Alokasi
Waktu
Pendahuluan Kegiatan Guru
- Guru mengucapkan salam
- Guru meminta ketua kelas untuk memimpin do’a
- Guru mengabsen siswa
- Guru mengkondisikan kesiapan mental siswa dalam belajar
- Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan ihwal bahan yang sudah dipelajari dan terkait dengan bahan yang akan dipelajari
- Guru mengantarkan Siswa kepada suatu permasalahan yang dihadapi lalu menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
- Guru memberikan garis besar cakupan bahan dan klarifikasi ihwal proses pembelajaran yang akan dilakukan serta bentuk tes dan kiprah final pembelajaran yang akan dilaksanakannya.
1. menjawab salam
2. membaca do’a yang dipimpin oleh ketua kelas
3. mendengarkan guru mengabsen
4. Merespon pertanyaan guru ihwal bahan yang sudah dipelajari dengan serius
5. menyimak tujuan dan klarifikasi bahan yang disampaikan guru
Diskusi dan tanya jawab
- Siswa mengamati pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang: التعريف بالفس
- Siswa menirukan pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yan diperdengarkan
- Siswa mengamati gambar sesuai dengan teks gambar yang disajikan
2. Siswa menanyakan bahan ihwal التعريف بالفسُ yang belum dipahami
Mencoba dengan penuh semangat
1. Siswa melafalkan bahan tentang: التعريف بالفسُ
2 Siswa memperlihatkan gambar atau memperagakannya sesuai dengan suara kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
3. Siwa melafalkan kalimat dengan bahasa Arab sesuai gambar yang disajikan.
1. Siswa menjawab pertanyaan ihwal gambar dengan bahasa Arab yang tepat
2. Siswa memperlihatkan gambar sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
3. Siswa memperagakan sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
1. Siswa melafalkan kalimat bahasa Arab sesuai dengan gambar
2. Siswa melafalkan kalimat bahasa Arab ihwal gambar beserta artinya.
3. Siswa memperagakan dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan 80 menit
Kegiatan Penutup
- Guru meminta siswa mengulangi kata, frasa dan kalimat tentang: التعريف بالفسُ yang telah diajarkan
- Guru meminta siswa untuk menyimpulkan bahan pelajaran yang sudah disampaikan
- Guru meminta siswa semoga membiasakan mengucapkan hal yang terkait dengan topik bahan dalam bahasa Arab.
- Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan latihan ihwal istima’ yang terdapat dalam buku.
- Guru menginformasikan pelajaran selanjutnya
- Menutup pelajaran dengan membaca hamdalah, do’a dan member salam 20 menit
1. Bentuk evaluasi :
a. Tugas individu
b. Tugas Kelompok
2. Tehnik Penilaian :
a. Individu : Tes tertulis (terlampir)
b. Kelompok : Penugasan (terlampir)
3. Bentuk Instrumen : Uraian
Mengetahui
Kepala Madrasah,
H. Deden Ridwan, S.H
NUPTK. 1447745647200043 Cimahi, ……………………… 2017
Guru Bahasa Arab,
Toto Herdianto, S.Pd.I
NUPTK: 9559758659200003
Lembar Kerja Siswa (LKS)
A. Tugas Individu
1.Coba Hafalkan Mufrodat/Arti Kata dibawah ini dengan pengucapan dan intonasi yang benar!
Kata Arti Kata Arti Kata Arti
هُوَ Dia
(laki) مَنْ Siapa تِلْكَ itu (perempuan)
هِيَ Dia (perempuan) اِسْمِي Namaku طَالِب siswa
أَنْتَ Kamu
(laki) هذَا ini
(laki) طَالِبَة siswi
أَنْتِ Kamu (perempuan) هذِهِ ini (perempuan) صَدِيْقِي Temanku
(laki)
أَنَا Saya ذَلِكَ itu (laki) صَدِيْقَتِي Temanku
(perempuan)
2. Isilah titik-titik dengan kalimat yang sesuai pilihan tanda kurung
.1 هذَا صَدِيْقِي .... طَالِب ( هُوَ–هذَا - اِسْمِي )
2. أَنَا طَالِبَة . اِسْمِي ... ( حِلْيَة - عَزَّام-صَدِيْقَتِي )
3. أَنَا ... . اِسْمِي عَزَّام ( طَالِب - صَدِيْقِي - حِلْيَة )
4. هذِهِ ... . هِيَ طَالِبَة ( صَدِيْقَتِي - صَدِيْقِي - عَزَّام )
5. مَنْ أَنْتَ ؟ ... ( أَنَا طَالِب- اِسْمِي عَزَّام - هُوَصَدِيْقِي )
( أَنْتِ - أَنَا - أَنْتَ ) مَنْ ... ؟أَنَا طَالِب .6
Kunci Jawaban: 2.1
1. Huwa
2. Hilyah
3. Thoolibun
4. Shadiiqotii
5. Anaa Thoolibun
6. Anta
B. Tugas Kelompok
Mencocokan kalimat
Setiap Kelompok Mencocokan kalimat yang sesuai dan benar
ب. صِلْ !
1. هُوَ هذَا صَدِيْقِي
2. أَنَا طَالِبَة هُوَ صَدِيْقِي
3. مَنْ هذَا ؟ طَالِب
4. مَنْ هذِهِ؟ اِسْمِي آمِنَة
5. هذَا أَحْمَد هذِهِ صَدِيْقَتِي
a. Remedial
Bagi akseptor didik yang belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh akseptor didik. Berdasar dari identifikasi itu, guru memberikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada bahan yang dianggap sulit oleh akseptor didik.
Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada ketika jam mencar ilmu (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit sesudah jam mencar ilmu selesai). Penilaian dilakukan dengan tipe soal sejenis.
b. Pengayaan.
Bagi akseptor didik yang sudah menguasai bahan pembelajaran, diminta untuk mengerjakan bahan pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan menawarkan komplemen nilai bagi akseptor didik yang berhasil dalam pengayaan). Siswa yang belum mencapai ketuntasan mencar ilmu diberikan kesempatan untuk memperbaikinya sesuai dengan indikator pembelajaran yang belum tercapai baik dengan cara dibrikan kiprah atau dengan mengulang tes. Jika didapati banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan mencar ilmu maka guru wajib menawarkan pembelajaran ulang sesuai dengan indikator yang belum tercapai oleh kebanyakan siswa (remedial teaching), selanjutnya guru melaksanakan evaluasi kembali dengan indikator soal yang sejenis. Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu atas kesepakataan antara siswa dan guru.
Belum ada Komentar untuk "✔ Teladan Rpp Bahasa Arab Kurtilas Kelas 7,8,9 Wacana Istima' Revisi 2017"
Posting Komentar