✔ Teladan Soal Akm (Asesmen Kompetensi Minimum) Untuk Guru Smp/Mts/Sma/Smk/Ma 2020

 yang kini sedang disosialisasikan kepada guru diseluruh Indonesia melalui latihan lan ✔ Contoh Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) untuk Guru SMP/MTs/SMA/SMK/MA 2020

-- Kali ini saya akan share salah satu contoh soal AKM yang kini sedang disosialisasikan kepada guru diseluruh Indonesia melalui latihan pribadi mengisi soal ujian secara online. Saya harap Anda tak usah tegang alias terbebani dengan soal-soal AKM, enjoy saja, anggap menyerupai sedang mengikuti ujian CPNS yang setiap satu pengisian soal terus dikejar-kejar waktu sehingga konsentrasi jadi buyar dan jadinya tidak memuaskan.

Namun jangan merasa panik kalau sesudah Anda mengisi seluruh soal AKM, diluar dugaan ternyata jadinya kurang memuaskan. Bahkan kita sama sekali tidak mengetahui bagaimana cara penskoran hasil latihan soal AKM tersebut.

Saya harap semua guru harus mengikuti simulasi pengisian soal AKM, alasannya ialah intinya kita sedang diarahkan untuk lebih mengetahui sejauhmana kemampuan daya logika seorang guru dengan memakai bahasa (literasi), kemampuan bernalar numerasi, dan kemampuan bernalar penguatan pendidikan karakter.

Setelah guru mengikuti simulasi AKM (Asesmen Kompentensi Minum), maka seorang guru sudah seharusnya memahami dan bisa mempraktikkan bagaimana cara menciptakan soal ujian dengan level HOTS sesuai dengan bidang studinya masing-masing.

AKM Sebagai pengganti Ujian Nasional?


Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter resmi gantikan penerapan Ujian Nasional (UN).  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menerapkan kebijakan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter mulai tahun 2021.Kebijakan tersebut merupakan pengganti Ujian Nasional yang terakhir kali dilaksanakan pada tahun 2020. 

Pengertian dan Fungsi AKM

"Asesmen kompetensi minimun ialah kompetensi minimum di mana kita bisa memetakan sekolah-sekolah dan daerah-daerah menurut kompetensi minimum," (Nadiem Anwar Makariem)

Kemampuan minim apa saja yang harus dikuasai penerima didik?

Sesuai dengan fungsi AKM itu sendiri, bahwa Asesmen Kompetensi Mininum dan Surveri Karakter (AKMSK) terdiri dari kemampuan bernalar dengan memakai bahasa (literasi), kemampuan bernalar memakai matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter.

Kemampuan literasi dan numerasi ialah dua komponen penting yang perlu diukur dan menjadi kompetensi minimum bagi siswa untuk belajar.

Baiklah dibawah ini Saya hanya sekedar share informasi terkait teladan soal AKM untuk SMP/MTs. Kemungkinan tingkat Sekolah Menengan Atas juga tidak akan jauh berbeda dengan soal dibawah ini. Setiap guru akan mendapat soal AKM yang berbeda-beda, dengan rincian 10 soal perihal kemampuan numerik, dan 30 soal karakter.

Karakter soal panjang-panjang. Misalkan satu bahan soal maka akan dibentuk 10 pertanyaan. Untuk itu perlu daya logika yang berpengaruh dan focus jangan terkecoh atas semua tanggapan yang memang semuanya benar, namun kita pilih tanggapan yang paling tepat.

Berikut ini Contoh Soal-soal AKM Guru SMP/MTs:

A. Contoh Soal AKM Numerik

Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, toko Jaka mengadakan promo paket susu dan cokelat selama bulan Agustus, pada hari Sabtu, Minggu, dan Senin. Setiap kali pembelanjaan hanya sanggup membeli maksimal 2 paket promo.
  • Harga normal susu Rp. 17.000, dan Harga normal cokelat Rp. 15.000.
  • Harga paket promo dua susu dan satu cokelat hari sabtu, Rp. 45.000
  • Harga paket promo dua susu dan dua cokelat hari Minggu, Rp. 54.000
  • Harga paket promo hari Senin, dua susu dan dua cokelat diskon 10%
Pertanyaan……………

B. Contoh Soal AKM Karakter

1. Fauzan diberi kiprah mengumpulkan pertolongan untuk membantu biaya perawatan sobat sekelasnya yang sedang sakit, pada waktu yang bersamaan, ibunya belum mempunyai uang untuk membayar sewa rumah yang harus segera dibayar hari itu juga. Apa yang sebaiknya dilakukan Fauzan?
a. Menggunakan sebagian uang untuk membayar sewa rumah
b. Memberikan semua uang untuk membayar sewa rumah ibunya
c. Segera menawarkan uang pertolongan kepada temannya yang sakit
d. Meminta izin teman-temannya meminjam uang untuk membayar sewa rumah

2. Pak Toni ialah guru olahraga di Sekolah Menengah Pertama merah putih. Disekolah tersebut, hanya ada 1 lapangan yang dipakai untuk olahraga bola voli dan basket. Suatu hari, tim basket meminta izin untuk memakai lapangan tersebut alasannya ialah harus berlatih menghadapi turnamen keesokan harinya. Namun hari itu merupakan aktivitas latihan tim Bola Voli. Apa yang seharusnya dilakukan Pak Toni
a. Memberikan izin kepada tim basket dan meminta pengertian tim voli
b. Membagi separuh waktu tim voli untuk tim basket
c. Menolak permohonan tim basket alasannya ialah hari itu ialah aktivitas tim voli
d. Meminta kedua tim bertukar aktivitas latihan biar tim basket sanggup berlatih hari ini.

3. Salma diajak temannya untuk tiba ke program jumpa fans artis idolannya, namun waktunya bertepatan dengan aktivitas bimbingan belajar. Ia sudah mempunyai komitmen dengan orang tuanya untuk tidak bolos. Apa yang seharusnya Salma lakukan?
a. Mengikuti permintaan temannya, alasannya ialah program tersebut jarang dilakukan
b. Meminta izin pada orang tua, untuk sekali ini saja mangkir bimbel
c. Tetap bimbel dan meminta temannya untuk memvideokan program tersebut
d. Tetap bimbel namun meminta izin untuk pulang lebih awal

4. Khairul dan Lukas mendapat kiprah untuk mencari bahan di internet. Ketika sedang mengerjakan kiprah di rumah Lukas, Khairul diajak bermain game online. Padahal, Ibu Khairul biar ia tak bermain game online. Apa yang seharusnya dilakukan Khairul?
a. Mengikuti permintaan Lukas, alasannya ialah game tersebut edisi terbaru
b. Bermain sebentar untuk menghilangkan rasa bosan
c. Menolak bermain game dan menuntaskan tugasnya
d. Meminta izin pada ibunya untuk bermain game sesudah tugasnya selesai

5. Sekolah melarang siswa-siswinya berambut gondrong. Seorang guru menegur Rudi biar segera memotong rambutnya yang sudah terlihat gondrong. Padahal Rudi menyukai model rambutnya dikala ini. Apa yang sebaiknya dilakukan Rudi?
a. Membaut alasan biar dimaklumi guru
b. Segera memotong rambutnya sesudah pulang sekolah
c. Mempertahankan gaya rambutnya yang gondrong
d. Menunggu hingga ditegur lagi kemudian memotong rambutnya

6. Alisa berasal dari suku yang berbeda dengan Gita, ketika sedang berdiskusi perihal kebudayaan, Gita sangat membanggakan suku asalnya, sehingga menyinggung pearasaan Alisa, apa yang sebaiknya dilakukan Alisa?
a. Menyanggah apa yang dikatakan Gita mengenai sukunya
b. Mengabaikan perasannya dan focus pada topic diskusi
c. Membalas dengan memberi teladan negative perihal suku asal Gita
d. Menyampaikan bahwa semua suku mempunyai keunikan masing-masing

7. Marlina menemukan uang yang jatuh disekolahnya, ia ingin mengembalikan uang tersebut, namun tidak tahu siapa pemiliknya, apa yang sebaiknya dilakukan Marlina?
a. Membawa uang tersebut pulang
b. Uang diserahkan ke guru
c. Memberitahukan kepada temannya
d. Membiarkan saja

Nah, itulah contoh soal AKM untuk guru SMP/MTs yang bisa Saya share. Semoga teladan soal tersebut bisa kita praktikkan dalam pembuatan soal ulangan siswa, baik soal ulangan harian, soal tengah semester, soal ulangan final semester, dan tentunya soal ujian nasional.

Apakah AKM tidak terlalu sulit untuk siswa?

Saya rasa putra-putri kita akan bisa dengan soal AKM. Kuncinya guru harus terus melatih daya logika mereka dari kini terutama kemampuan literasi dasar, daya logika numerik dan daya logika karakter.

Dengan slogan ”Merdeka Belajar” maka kesempatan guru dikala ini harus bisa menciptakan soal HOTS tapi diadaptasi dengan kemampuan daya logika siswa di masing-masing sekolah.

Belum ada Komentar untuk "✔ Teladan Soal Akm (Asesmen Kompetensi Minimum) Untuk Guru Smp/Mts/Sma/Smk/Ma 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel