✔ Download Rpp Sd/Mi 1 Lembar Kelas 1,2,3,4,5,6 Lengkap Versi Terbaru 2020


 yang harus dimiliki guru sebelum dimulainya proses mencar ilmu mengajar ✔ Download RPP SD/MI 1 Lembar Kelas 1,2,3,4,5,6 Lengkap Versi Terbaru 2020

-- RPP merupakan rencana perangkat pembelajaran yang harus dimiliki guru sebelum dimulainya proses mencar ilmu mengajar. RPP harus memuat beberapa komponen dengan tujuan semoga proses mencar ilmu bengajar tercapai sesusai tujuan pendidikan.

Ada 13 Komponen dalam penyusunan planning perangkat pembelajaran yang semuanya terintegrasi dalam satu planning pembelajaran. Ke tiga belas komponen tersebut diantaranya: Konpetensi inti, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajan, bahan pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah Pembelajaran, dan  Penilaian.

Dalam penyusunan RPP, Apakah ke-13 komponen tersebut harus terintegrasi dalam satu RPP?

Sesuai dengan instruksi  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Nadiem Anwar Makariem, bahwa tahun ini ke13 komponen RPP tersebut bisa lebih disederhanakan dengan syarat minimal ada 3 ( tiga ) komponen dalam penyusunan RPP, seperti: Tujuan pembelajaran, Langkah-langkah pembelajaran dan Assessmen (penilaian).

Ketiga komponen penyusunan RPP 1 lembar ini, sudah sesuai dengan prinsip dasar pembuatan RPP , yaitu: Efektif, Efisien, dan berorientasi pada siswa.

Penyederhanaan RPP setidaknya akan mangurangi beban kerja guru yang setiap tahun pemikiran gres selalu sibuk menciptakan RPP panjang, sehingga menjadi sebuah slogan, bahwa, beban kerja menciptakan RPP jauh lebih berat daripada beban kerja guru berinteraksi dengan murid dikelas. Saya rasa semua guru bisa merasakannya, termasuk admin.

Guru sebagai ujung tombak pendidikan yang seharusnya 90% berinteraksi dengan siswa, malah waktunya terkuras hanya sebab terlalu fokus menciptakan sebuah konsep yang belum tentu cocok diterapkan disekolahnya masing-masing.

3 ( TIGA) KOMPONEN RPP 1 LEMBAR  REVISI 2020

A. Tujuan Pembelajaran

RPP harus memuat tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran merupakan sasaran proses kegiatan mencar ilmu dalam satu, dua, atau tiga pertemuan. Tujuan pembelajaran tersebut berpatokan pada kompetensi dasar bahan pembelajaran.

Dalam perspektif kebijakan Pendidikan Nasional yang dituangkan dalam Permendiknas RI No. 41 Tahun 2008 perihal Standar Proses disebutkan bahwa salah satu komponen dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu adanya tujuan pembelajaran yang di dalamnya menggambarkan proses dan hasil mencar ilmu yang dibutuhkan sanggup dicapai oleh akseptor didik sesuai dengan kompetensi dasar.

Tujuan pembelajaran juga hendaknya dijadikan titik tolak berfikir guru dalam menyusun Rencana Pembelajaran, yang akan mewarnai komponen-komponen perencanan lainnya.

B. Langkah Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran merupakan cara atau metode pembelajaran yang didalamnya terdapat langkah pembelajaran sesuai dengan pendekatan metode pembelajaran yang digunakan guru dalam RPP semoga proses pembelajaran siswa berhasil.

Ada beberapa metode dan model pembelajaran yang sering digunakan guru dalam proses mencar ilmu mengajar, diantaranya:

1. Model saintifik (scientific approach). Model pembelajaran ini memakai kaidah-kaidah keilmuan yang memuat serangkaian kegiatan pengumpulan. data melalui observasi, menanya, eksperimen, mengolah isu atau data, kemudian mengkomunikasikan (Kemendikbud, 2014).

2. Model pembelajaran berbasis proyek dalam bahasa Inggris disebut Project Based Learning yang sanggup pula disingkat PjBL. Berdasarkan namanya itu dapatlah kita mengetahui bahwa model pembelajaran ini ialah sebuah model pembelajaran yang desainnya didasarkan pada sebuah kiprah proyek yang harus dikerjakan oleh siswa melalui kegiatan pembelajaran.
3. Model lainnya

C. Assessmen (Penilaian)

Penilaian ialah proses pengumpulan dan pengolahan isu untuk mengukur sejauhmana ketercapaian hasil mencar ilmu akseptor didik. Sedangkan tujuan evaluasi ini dilakukan untuk memantau kemauan mencar ilmu siswa, memantau hasil belajar, baik dari aspek sikap, pengetahuan maupun keterampilan siswa.

Sebelum melaksanakan evaluasi terhapad siswa, guru harus memperhatikan beberapa prinsip penilaian, seperti:
  1. Penilaian harus berpatokan pada kemampuan dasar yang diukur
  2. Penilaian harus objektif, sesuai dengan kriteria yang terperinci tanpa ada intervensi dari luar,
  3. Penilaian harus didasari rasa adil. Artinya guru dihentikan menguntungkan atau merugikan sebelah pihak saja, sebab latar belakang siswa itu niscaya berbeda-beda baik suku, agama, dll.
  4. Transparan, menyeluruh dan berkesinambungan meliputi beberapa aspek penilaian.
  5. Penilaian juga harus dilakukan secara terencana, sistematis (secara bertahap) sesuai dengan langkah-langkah yang sudah baku.
  6. Akuntabel. Artinya saat guru memperlihatkan nilai 90 terhadap siswa, maka nilai 90 tersebut bisa dipertanggungjawabkan oleh guru itu sendiri.
  7. Harus edukatif. Pada dasarnya semua evaluasi yang dilakukan guru ialah menjalankan amanah pendidikan yaitu untuk memajukan siswa-siswinya semoga sukses dimasa mendatang.

#3 (tiga) Aspek Penilaian dalam Proses Belajar Mengajar

1. PENILAIAN SIKAP

a. Contoh Penilaian Muatan Kompetensi Inti 1 (KI-1)
  • Penilaian Ketaatan Beribadah
  • Berperilaku Syukur
  • Berdoa sebelum dan setelah melaksanakan kegiatan belajar
  • Toleransi dalam beribadah
b. Contoh Penilaian Muatan Kompetensi Inti 2 (KI-2)
  • Jujur
  • Disiplin
  • Tanggung jawab
  • Santun
  • Peduli
  • Percaya diri, dan lainnya bisa dikembangkan oleh guru
Cara evaluasi sikap tersebut bisa dilakukan dengan teknik Observasi, Penilaian diri, Penilaian antar teman, maupun Jurnal catatan guru.

2. PENILAIAN PENGETAHUAN
 

Aspek Pengetahuan bisa dinilai melalui:

a.Tes tulis (Ap aitu Tes Tulis? Tes tulis ialah tes yang soal dan jawabannya tertulis berupa pilihan ganda, isian, menjodohkan, dan soal-soal uraian).

b.Tes Lisan (Tes ekspresi merupakan Teknik evaluasi yang diberikan guru secara ekspresi (oral) sehingga akseptor didik sanggup merespon pertanyaan tersebut secara ekspresi juga, sehingga menimbulkan keberanian. Jawaban sanggup berupa kata, frase, kalimat maupun faragraf yang diucapkan.

c. Penugasan (Penugasan ialah evaluasi yang dilakukan oleh guru berupa pekerjaan rumah baik secara individu ataupun).

3. PENILAIAN KETERAMPILAN

Aspek Penilaian Keterampilan bisa dilakukakan dengan Teknik sebagai berikut:

a. Kinerja atau Performance. Adalah evaluasi yang meminta siswa untuk melaksanakan suatu kiprah pada situasi yang bersama-sama yang mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan. Misalnya kiprah memainkan alat musik, menciptakan artikel, menciptakan puisi, menciptakan percakapan, menyanyi, bermain peran, menari.

b. Projek. Penilaian Projek merupakan evaluasi terhadap kiprah pemeriksaan dan harus diselesaikan dalam waktu tertentu. Tugas tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan, pelaporan. Penilaian projek sangat dianjurkan sebab membantu menyebarkan keterampilan berpikir tinggi (berpikir kritis, pemecahan masalah, dan berpikir kreatif. Contoh kiprah Projek menyerupai menciptakan laporan pemanfaatan energy di dalam kehidupan, menciptakan laporan hasil pengamatan pertumbuhan tanaman.

c.Portofolio. Penilaian dengan memanfaatkan Portofolio merupakan evaluasi melalui sekumpulan karya akseptor didik yang tersusun secara sistematis dan terorganisasi yang dilakukan selama kurun waktu tertentu. Portofolio digunakan oleh guru dan akseptor didik untuk memantau secara terus menerus perkembangan pengetahuan dan keterampilan akseptor didik dalam bidang tertentu. Dengan demikian evaluasi portofolio memperlihatkan citra secara menyeluruh perihal proses & pencapaian hasil mencar ilmu akseptor didik.
(sumber:tulisanguruku.blogspot.com)

Contoh RPP SD/MI 1 Lembar Kelas 1,2,3,4,5,6 Edisi Terbaru 2020
  • Untuk file lengkapnya silahkan Anda bisa unduh disini

Kesimpulan

RPP revisi terbaru 2020 yang lebih kita kenal RPP 1 lembar cukup memuat 3 (tiga) komponen. Pertama, Tujuan Pembelajaran, kedua, Langkah-langkah Pembelajaran, dan yang ketiga ialah proses penilaian.

Apakah boleh guru memakai RPP sebelumnya? Silahkan masih bisa digunakan. Apakah boleh guru menciptakan RPP versi sendiri? Sangat diperbolehkan yang penting tidak keluar dari prinsip pembuatan RPP sendiri. Prinsip pembuatan RPP harus lebih efektif, efisien, dan tentunya berorientasi pada akseptor didik.

Terima kasih semoga bermanfaat, aamiin.

Belum ada Komentar untuk "✔ Download Rpp Sd/Mi 1 Lembar Kelas 1,2,3,4,5,6 Lengkap Versi Terbaru 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel