✔ Teladan Agenda Ldks Dan Pdlk Smp/Mts, Sma/Smk Terbaru

Contoh Program LDKS dan PDLK SMP/MTs, SMA/SMK Terbaru -- LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SEKOLAH (LDKS) & PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS (PDLK)
Membangun Pribadi Siswa Yang Islami, Kuat, Amanah, Jujur dan Bertanggung Jawab

Pendidikan bukan hanya bagaimana cara untuk memperoleh pengetahuan ✔ Contoh Program LDKS dan PDLK SMP/MTs, SMA/SMK Terbaru

TAHUN PELAJARAN 2017-2018

A.    Latar Belakang
Pendidikan bukan hanya bagaimana cara untuk memperoleh pengetahuan. Namun, pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman, sikap, dan ketrampilan serta  perkembangan diri anak. Kemampuan atau kompetensi ini dibutuhkan sanggup dicapai melalui aneka macam proses pembelajaran di sekolah. Salah satu proses pembelajaran yang dipakai untuk mencapai kompetensi diatas yakni melalui pembelajaran diluar kelas (outdoor).
Pembelajaran outdoor  merupakan satu jalan bagaimana kita meningkatkan kapasitas berguru anak. Anak sanggup berguru secara lebih mendalam melalui objek-objek yang dihadapi dari pada jikalau berguru di dalam kelas yang mempunyai banyak keterbatasan. Lebih lanjut, berguru di luar kelas sanggup menolong anak untuk mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki. Selain itu, pembelajaran di luar kelas lebih menantang bagi siswa  dan menjembatani antara teori di dalam buku dan kenyataan yang ada di lapangan. Kualitas pembelajaran dalam situasi yang faktual akan menawarkan peningkatan kapasitas pencapaian berguru melalui objek yang dipelajari serta sanggup membangun ketrampilan sosial dan personal yang lebih baik.

Pendidikan bukan hanya bagaimana cara untuk memperoleh pengetahuan ✔ Contoh Program LDKS dan PDLK SMP/MTs, SMA/SMK Terbaru

Pembelajaran outdoor yang akan dilakukan yakni studi lapangan. Studi lapangan merupakan salah satu bentuk pembelajaran outdoor dimana terjadi kegiatan observasi untuk mengungkap fakta–fakta guna memperoleh data dengan cara terjun eksklusif ke lapangan. Studi lapangan merupakan cara ilmiah yang dilakukan dengan rancangan operasional sehingga didapat hasil yang lebih akurat. Dalam kegiatan studi lapangan, siswa diajak mengunjungi ke daerah dimana objek-objek geografi yang akan dipelajari tersedia disana.
 
Melalui kegiatan studi lapangan siswa akan mempunyai pengalaman berguru yang tinggi lantaran berinteraksi dengan objek geografi secara langsung. Selain itu, siswa sanggup berguru lebih dalam dengan kegiatan lapangan daripada berguru secara tekstual melalui buku-buku. Hal ini disebabkan aneka macam fenomena faktual yang tidak terdapat di dalam buku sanggup diamati secara eksklusif sehingga memunculkan rasa ingin tahu siswa. Rasa ingin tahu akan mendorong siswa untuk mencari jawaban/belajar lebih keras.

Pendidikan bukan hanya bagaimana cara untuk memperoleh pengetahuan ✔ Contoh Program LDKS dan PDLK SMP/MTs, SMA/SMK Terbaru

Sementara itu beberapa kelebihan dari pembelajaran  outdoor dengan melalui studi lapangan yaitu:
1.    Pembelajaran di luar kelas akan meningkatkan pencapaian pembelajaran melalui kemampuan mengorganisasi, pendekatan yang lebih baik lantaran berguru dari obyek eksklusif merupakan satu hal yang utama. Hal ini terjadi lantaran dalam pembelajaran di luar kelas kita tidak hanya memikirkan apa yang kita pelajari, tetapi juga memikirkan
2.    bagaimana dan kapan kita belajar.
3.    Pembelajaran studi lapangan sanggup meningkatkan perilaku kearah lingkungan yang lebih baik.
4.    Keterlibatan dari setiap penerima lebih tinggi jika  dibandingkan pembelajaran secara klasikal.
5.    Materi/informasi yang diperoleh akan lebih usang diingat dan tidak segera ditinggalkan.

B.    Nama dan Bentuk
1.    Nama Kegiatan    : “ Membangun Pribadi Siswa yang Islami, Kuat, Amanah, Jujur dan Bertanggung Jawab ‘’
2.    Bentuk Kegiatan    : Kemah Bersama

C.    Dasar Kegiatan
1.    Pancasila dan UUD 1945
2.    UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
3.    PP_No_55_th_2007 wacana pendidikan agama dan pendidikan keagamaan
4.    PP No. 74 tahun 2008 wacana guru
5.    PP No. 32 Tahun 2013 wacana standar nasional pendidikan perubahan No. 19 Tahun 2005
6.    Salinan Permendikbud No. 54 tahun 2013 ttg SKL
7.    Permendikbud No. 64 th 2013 ttg Standar Isi
8.    Permendikbud No. 65 th 2013 ttg Standar Proses
9.    Permendikbud No. 66 th 2013 ttg Standar Penilaian
10.    Permendikbud No. 68 th 2013 ttg ttg KD dan Struktur Kurikulum SMP-MTs
11.    PMA No. 16 Tahun 2010 wacana Pengelolaan pendidikan agama di sekolah
12.    Program Kerja Sekolah yang dijabarkan dalam acara kerja  bidang kurikulum dan Kesiswaan MTs Murul Falah tahun pelajaran 2017 - 2018

D.    TUJUAN KEGIATAN
1.    Membentuk abjad penerima sesuai dengan sasaran dan sasaran kurikulum 2013
2.    Identifikasi dan ekplorasi nilai-nilai yang terkadung dalam pendidikan abjad bangsa
3.    Siswa sanggup mengetahui Relevansi pembelajaran di dalam kelas dengan di luar kelas
4.    Siswa sanggup merumuskan hasil pengamatan di lapangan dalam bentuk laporan.
5.    Siswa mendapat pengetahuan yang diperoleh eksklusif dari  objek belajar
6.    Melatih siswa untuk berorganisasi serta tanggungjawab, kreatif dalam melaksanakan tugasnya masing-masing.
7.    Siswa mendapat pengalaman untuk dikembangkan di masa akan datang

E.    MANFAAT KEGIATAN
1.    Memberikan pendidikan, wawasan, serta  pengalaman sehingga sanggup dijadikan pemicu pembentukan abjad cowok bangsa yang diharapkan.
2.      Pendidik dan penerima didik sanggup mengetahui dan melakukakn observasi 18 nilai yang terkadung dalam pembelajaran abjad yang bersumber dari Agama, Pancasila, budaya  dan yujuan pendidikan nasional diantaranya : Jujur,  Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komunikatif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung Jawab dan religius  
3.    Pemahaman serta  siswa wacana teori dan relevansi (implementasi) di lingkungan.
4.    Siswa mempunyai peluang untuk membuatkan pengetahuan dan potensinya dengan melaksanakan acara sehari-hari di dalam pembelajaran.
5.    Secara spesifik studi lapangan mempunyai imbas positif terhadap memori jangka panjang dan secara alami lingkungan alami memperkuat memori.
6.    Studi lapangan yang efektif dan pengalaman individual (lokal) sanggup menghipnotis pertumbuhan individu dan peningkatan ketrampilan sosial.
7.    Dapat meningkatkan ranah afektif serta menjembatani pembelajaran tingkat tinggi (HOT).

F.    OBJEK KAJIAN LDKS & PDLK
LDKS & PDLK ini berlokasi di Bumi Perkemahan Taman Argo Wisata Gamboeng, Ciwidey Kabupaten Bandung.

G.    WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
PDLK  akan dilaksanakan pada :
Hari / Tanggal     : Kamis s.d Sabtu , 2 s.d 4 Nopember 2017
Waktu    : Pukul 07.00 WIB - selesai.
Tempat    : Taman Agro Wisata Gamboeng, Ciwidey Kab. Bandung
Acara    : Susunan acara (terlampir)

H.    PESERTA
Peserta LDKS/ PDLK diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 dan 8 dan kelas 9 MTs Nurul Falah Kota Cimahi dengan sasaran minimal penerima sebanyak 400 siswa/i. Daftar dan jumlah penerima PDLK. ( Terlampir )

I.    SUSUNAN PANITIA
(susunan panitia Terlampir)

J.    GURU PEMBIMBING
Pendampingan dan bimbingan dilakukan oleh guru sesuai dengan mata pelajaran yang di-ampu dan relepan dengan objek pembelajaran
( daftar guru pendamping Terlampir)
K.    INSTRUMEN LDKS / PDLK
Alat tulis menyerupai buku catatan dan pulpen. Fungsinya disini yakni sebagai alat pencatat hal penting yang telah disampaikan oleh guru pembimbing PDLK dan juga mencatat hasi penelitian dari objek yang dilakukan penelitian.

L.    ANGGARAN BIAYA DAN PENDAPATAN
 (terlampir)
M.    LAIN-LAIN
Hal-hal lain yang belum tercantum dalam proposal ini akan ditentukan kemudian, Besar keinginan kami biar proposal ini sanggup diterima dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

N.    PENUTUP
Demikian proposal kegiatan ini kami susun sebagai materi pertimbangan bagi semua pihak, semata-mata demi kemajuan dan perkembangan pembelajaran siswa kelas 7 dan 8 MTs Nurul Falah Kota Cimahi, kegiatan outdoor study LDKS & PLDK ini diakhiri dengan suatu bentuk laporan ilmiah sebagai pertanggung tanggapan ilmiah siswa

Belum ada Komentar untuk "✔ Teladan Agenda Ldks Dan Pdlk Smp/Mts, Sma/Smk Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel