✔ Referensi Rpp Bahasa Arab Kelas 7, 8, 9 Qiraah Kurikulum 2013 Revisi 2017

Contoh RPP Bahasa Arab Kelas 7, 8, 9 Materi Qiraah Kurtilas/K13 Revisi Terbaru Tahun 2017 - Jika anda masih galau dengan cara pembuatan RPP Edisi revisi terbaru Kurikulum 2013, Saya kasih pola lanjutan untuk kelas 7, 8. dan 9. Membuat RPP Bahasa Arab pada dasarnnya sama dengan kelas 8, dan 9 yang paling penting seorang guru harus memiliki buku pegangan Guru dan Siswa, selanjutnya kita mengolah sendiri sesuai dengan jumlah Babnya.

Dalam Revisi RPP K13 Tahun 2018 maka RPP harus terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C dan HOTS. Nah bagaimana pola rpp khususnya bahasa arab yang sudah terintegrasi dengan pembelajaran tersebut, silahkan anda bisa download link dibawah.

Dan jangan lupa sebelum menciptakan RPP coba anda lihat dulu di Silabusnya. Karena silabus merupakan patokan untuk menciptakan RPP. Ok, berikut ini pola RPP Bahasa Arab kelas 7 dengan bahan Membaca/Qiraah revisi terbaru tahun pelajaran 2017/2018:

RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
  • Madrasah              : MTs Nurul Falah Kota Cimahi
  • Mata Pelajaran      : Bahasa Arab
  • Kelas/Semester     : VII / I
  • Materi                   : Membaca (Al Qiroah) tentang:     التعريف بالفس
  • Alokasi waktu        : 3 x 40 menit (satu pertemuan)
A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran dibutuhkan siswa bisa memahami serta sanggup :
  1. Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya
  2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  3. Melafalkan suara huruf, kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan tema التعريف بالفس
  4. Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan tema   التعريف بالفس
  5. Menerjemahkan teks qira’ah perihal التعريف بالفس
  6. Menjawab pertanyaan perihal isi  kandungan  teks qira’ah tentang   التعريف بالفس dengan baik dan benar.     
B.  KOMPTENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar

1.1    Mensyukuri kesempatan sanggup mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1    Menunjukkan sikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2    Melafalkan suara huruf, kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan tema
التعريف بالفس
2.3    Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan tema   التعريف بالفس

Indikator Pencapaian Kompetensi
Membaca teks qira’ah tentang   التعريف بالفس
1.    Dengan makkhraj yang benar serta lancar.
2.    Menerjemahkan teks qira’ah tentang  التعريف بالفس
3.    Menjawab pertanyaan perihal isi  kandungan  teks qira’ah tentang   التعريف بالفس
       dengan baik dan benar.

C.  MATERI PEMBELAJARAN
Keterampilan Membaca perihal topik التعريف بالفس   yang menceritakan Kegiatan sehari-hari

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله !
•    أَنَا طَالِب ، اِسْمِي عَزَّام . وَهذَا مَحْمُوْد .هُوَ طَالِب . هُوَ صَدِيْقِي .
•    أَنَا طَالِبَة ، اِسْمِي حِلْيَة . وَهذِهِ رَفِيْدَة .هِيَ طَالِبَة . هِيَ صَدِيْقَتِي .
•    مَنْ هذَا؟ هذَا طَالِب . هُوَ فَوْزَان. هُوَ صَدِيْقِي .
•    مَنْ هذِهِ ؟ هذِهِ طَالِبَة. هِيَ قَانِتَة ، هِيَ صَدِيْقَتِي .
•    أَنْتَ صَدِيْقِي يَا مَحْمُوْد ! وَأَنْتَ صَدِيْقِي يَا فَوْزَان .
•    أَنْتِ صَدِيْقَتِي يَا رَفِيْدَة ! وَأَنْتِ صَدِيْقَتِي  يَا قَانِتَة


D.  METODE  : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemecahan masalah
E.  MEDIA  : Laptop, infokus dan lembar kerja
F.   SUMBER  : Buku Paket Bahasa Arab kelas VIII dan Kamus Bahasa Arab

G.  KEGIATAN PEMBELAJARAN,

Untuk Kegiatan Pembelajaran, Lihat dibawah ini:
 Jika anda masih galau dengan cara pembuatan RPP Edisi revisi terbaru Kurikulum  ✔ Contoh RPP Bahasa Arab Kelas 7, 8, 9 Qiraah Kurikulum 2013 Revisi 2017

H. PENILAIAN HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN

1.  Bentuk evaluasi :
  1. Tugas individu
  2. Tugas Kelompok
2. Tehnik Penilaian :
  1. Individu    : Tes tertulis (terlampir)
  2. Kelompok    : Penugasan (terlampir)
3. Bentuk Instrumen  : Uraian

Selanjutnya Tanda-tangan Guru Mata Pelajaran dan Kepala Sekolah atau Kepala Madrasah

Setelah Tanda-tangan mulailah dengan menciptakan Lembar Kerja Siswa. Silahkan lihat Contoh dibawah ini Contoh Lomba Kompetensi Siswa Sederhana untuk Bahasa Arab: Jangan lupa jikalau menciptakan soal kunci jawabannya hehe ...

LEMBAR KERJA SISWA
 

TUGAS INDIVIDU

1.    Bacalah Teks Qiro’ah di bawah ini dengan pelafalan dan intonasi yang baik !

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله !
•    أَنَا طَالِب ، اِسْمِي عَزَّام . وَهذَا مَحْمُوْد .هُوَ طَالِب . هُوَ صَدِيْقِي .
•    أَنَا طَالِبَة ، اِسْمِي حِلْيَة . وَهذِهِ رَفِيْدَة .هِيَ طَالِبَة . هِيَ صَدِيْقَتِي .
•    مَنْ هذَا؟ هذَا طَالِب . هُوَ فَوْزَان. هُوَ صَدِيْقِي .
•    مَنْ هذِهِ ؟ هذِهِ طَالِبَة. هِيَ قَانِتَة ، هِيَ صَدِيْقَتِي .
•    أَنْتَ صَدِيْقِي يَا مَحْمُوْد ! وَأَنْتَ صَدِيْقِي يَا فَوْزَان .
•    أَنْتِ صَدِيْقَتِي يَا رَفِيْدَة ! وَأَنْتِ صَدِيْقَتِي  يَا قَانِتَة
   

2. Jawablah dengan benar sesuai dengan tema qiroah diatas!

أ.     اِخْتَرْ أَصَحَّ الأجوبة وَفْقًا لِنَصِّ القِرَاءَة السَّابِق !
1.    اِسْمِي ...    . أَنَا طَالِب    
أ. عَزَّام         ب. مَحْمُوْد         ج. فَوْزَان         د. صَدِيْقِي
2.    اِسْمِي حِلْيَة    . أَنَا ...   
أ. طَالِبَة        ب. رَفِيْدَة        ج. قَانِتَة        د. صَدِيْقَتِي
3.    مَنْ هذَا؟ ...    
أ. اِسْمِي         ب. هذَا صَدِيْقِي    ج. هُوَ فَوْزَان        د. عَزَّام
4. ... ؟ هِىَ طَالِبَة
أ. مَنْ هِىَ        ب. مَنْ هذَا        ج. مَنْ أَنْتَ        د. مَنْ أَنَا
5. ... ؟ أنا طَالِبَة
أ. مَنْ هذِهِ    ب. مَنْ هذَا        ج. مَنْ أَنْتِ        د. مَنْ أَنَا
6.    أَنَا مَحْمُوْد .... 
أ. أَنْتَ صَدِيْقِي    ب. اِسْمِي أَحْمَد    ج. هذَا مَحْمُوْد    د. أَنَا طَالِب
7.    يَا رَفِيْدَة ! ...
أ.    أَنَا صَدِيْقَتِي     ب. أَنْتِ صَدِيْقَتِي    ج. هِيَ صَدِيْقَتِي    د. أَنَا صَدِيْقِي
8.    يَا فَوْزَان ! ...
أ. أَنْتِ صَدِيْقَتِي    ب.أَنَا صَدِيْقِي     ج. أَنْتَ صَدِيْقِي    د. هُوَ صَدِيْقِي
9.    يَا ... ! أَنْتِ صَدِيْقَتِي
أ. عَزَّام         ب. مَحْمُوْد         ج. فَوْزَان         د. قَانِتَة
10.    يَا ... ! أَنْتَ صَدِيْقِي
أ. مَحْمُوْد        ب. رَفِيْدَة        ج. قَانِتَة        د. صَدِيْقَتِي

Kunci Jawaban:
1. عزام
2.  طالبة
3.هذا صديقي
4.من هي
5.من انت
6.انت صديقي
7.انت صديقتي
8.انت صديقي
9.قا نتة
10.محمود

TUGAS KELOMPOK

1. Terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar!

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله !
•    أَنَا طَالِب ، اِسْمِي عَزَّام . وَهذَا مَحْمُوْد .هُوَ طَالِب . هُوَ صَدِيْقِي .
•    أَنَا طَالِبَة ، اِسْمِي حِلْيَة . وَهذِهِ رَفِيْدَة .هِيَ طَالِبَة . هِيَ صَدِيْقَتِي .
•    مَنْ هذَا؟ هذَا طَالِب . هُوَ فَوْزَان. هُوَ صَدِيْقِي .
•    مَنْ هذِهِ ؟ هذِهِ طَالِبَة. هِيَ قَانِتَة ، هِيَ صَدِيْقَتِي .
•    أَنْتَ صَدِيْقِي يَا مَحْمُوْد ! وَأَنْتَ صَدِيْقِي يَا فَوْزَان .
•    أَنْتِ صَدِيْقَتِي يَا رَفِيْدَة ! وَأَنْتِ صَدِيْقَتِي  يَا قَانِتَة


Jawaban:
  • Saya seorang siswa, nama saya azam, dan ini Mahmud, ia seorang siswa ia sobat laki laki ku
  • Saya seorang siswa, nama saya Hilyah, dan ini Rofidah, ia seorang siswi, ia sobat perempuanku
  • Siapakah ini/lk ? Ini siswa ia Fauzan, dan ia temanku
  • Siapakah ini/pr ? ia siswi, ia Qonitah, ia sobat perempuanku
  • Kamu temanku hei Mahmud! Dan kau temanku hei Fauzan
  • Kamu sobat perempuanku hei rufaidah! Kamu temanku hei Qonitah
Selesai menciptakan LKS, maka selanjutnya persiapkan penilaian. Untuk evaluasi jangan asal nilai se enae dewe, silahkan nilai sesuai dengan pola format yang telah disediakan sesuai dengan mata pelajaran masing-masing.

Lihat pola format evaluasi dibawah ini:

 Jika anda masih galau dengan cara pembuatan RPP Edisi revisi terbaru Kurikulum  ✔ Contoh RPP Bahasa Arab Kelas 7, 8, 9 Qiraah Kurikulum 2013 Revisi 2017


a. Remedial
Bagi akseptor didik yang belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh akseptor didik. Berdasar dari identifikasi itu, guru memberikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada bahan yang dianggap sulit oleh akseptor didik.
Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada ketika jam berguru (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit sehabis jam berguru selesai). Penilaian dilakukan dengan tipe soal sejenis.
b. Pengayaan.
Bagi akseptor didik yang sudah menguasai bahan pembelajaran, diminta untuk  mengerjakan bahan pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan memperlihatkan komplemen nilai bagi akseptor didik yang berhasil dalam pengayaan). Siswa yang belum mencapai ketuntasan berguru diberikan kesempatan untuk memperbaikinya sesuai dengan indikator pembelajaran yang belum tercapai baik dengan cara dibrikan kiprah atau dengan mengulang tes. Jika didapati banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan berguru maka guru wajib memperlihatkan pembelajaran ulang sesuai dengan indikator yang belum tercapai oleh kebanyakan siswa (remedial teaching), selanjutnya guru melaksanakan evaluasi kembali  dengan indikator soal  yang sejenis. Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan  hari tertentu atas kesepakataan antara siswa dan guru.
  • Untuk lebih lengkapnya RPP RPP Bahasa Arab Kelas 7, 8, 9 Qiraah Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan download disini.
Nah, itulah pola Contoh RPP Bahasa Arab Kelas 7, 8, 9 Materi Qiraah Kurtilas/K13 Revisi Terbaru Tahun 2017. Mudah bukan, untuk Contoh RPP mata pelajaran lainnya insya Allah akan saya update pada waktu dan kesempatan berikutnya, terima kasih biar bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "✔ Referensi Rpp Bahasa Arab Kelas 7, 8, 9 Qiraah Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel