✔ Referensi Rpp K13 Dogma Adab Revisi 2017 Integrasi Ppk, Literasi, 4C Dan Hots

Contoh RPP K13 Akidah Akhlak Revisi 2017 Integrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS -- Kali ini saya akan share bagaimana pola RPP Kurikulum 2013 yang sudah terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C dan HOTS. RPP dengan penguatan pendidikan karakter, lalu siswa dituntut lebih religius, nasionalis, gotong royong, integritas. Lalu ada 4C artinya siswa dituntut harus lebih kreatif, berfikir kreatif, membiasakan kerjasama dan komunikatif dalam aktivitas berguru mengajar sesungguhnya sudah dilakukan oleh guru mata pelajaran. Namun untuk lebih menguatkan RPP maka abjad tersebut harus tertuang dalam aktivitas pendahuluan dan aktivitas inti RPP.
Untuk itu saya akan berikan pola mata pelajaran iman akhlak yang didalamnya sudah terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C dan HOTS.
Baca Juga
Satuan Pendidikan | MTs Nurul Falah Kota Cimahi |
---|---|
Kelas/Semester | VII/1 |
Mata Pelajaran | Akidah Akhlak |
Topik | Akidah Islam |
Pertemuan ke | 1-3 |
Alokasi Waktu | 6 x 40 menit (3x pertemuan) |
- Menghargai dan menghayti fatwa agama yang dianutnya
- Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, toleransi, gotong royong, disiplin, santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkaungan pergaulan dalam keberadaanya.
- Memahami pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahu dengan ilmu pengetahuan, teknoligi, seni, budaya, terkait fenomena bencana yang nyata.
- Mencoba mengolah dan menyajikan dalam ranah konkrit dan ranah abnormal sesuai yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang dan teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar | Indikator |
---|---|
3.1 Memahami dalil, dasar dan tujuan iman Islam | 3.1.1 Menjelaskan Pengertian iman Islam |
3.1.2 Mengidentifikasi dalil wacana iman Islam | |
3.1.3 Menjelaskan Dasar dan Tujuan Akidah Islam | |
3.1.4 Menjelaskan korelasi unsur-unsur Akidah Islam (iman, ihsan dan Islam) | |
4.1. Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran iman Islam | 4.1.1. Mengamati fakta dan fenomena kebenaran iman Islam. |
4.1.2.Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran iman Islam. |
Pertemuan ke-1
- Siswa sanggup menghayati nilai-nilai iman Islam
- Siswa sanggup menampilkan sikap yang mengimani iman Islam dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa sanggup memahami dalil dasar iman Islam
- Siswa sanggup memahami tujuan iman Islam
- Siswa sanggup memahami unsur-unsur iman islam yang mencakup iman ihsan dan islam
- Menghayati nilai-nilai iman Islam
- Mengamati dan menyajikan fakta fenomena kebenaran iman Islam
- Fakta: dongeng Nabi Ibrahaim as dikala mencari Tuhannya
- Konsep: Pengertian iman Islam
- Prinsip: Dalil-dalil wacana iman Islam dan Dasar Akidah Islam berdasarkan al Alquran Hadits.
- Prosedur: Tujuan iman Islam, korelasi unsur-unsur iman Islam dan menyajikan fakta dan fenomena iman Islam
- Model: Discovery Learning
- Metode: Diskusi, Tanya jawab, Penugasan
- Pendahuluan
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
Pendahuluan | Deskripsi | Waktu |
---|---|---|
PPK | (Penguatan Pendidikan Karakter/PPK) | 10 |
Mengucapkan salam, berdo’a, mengabsen dan mengkondisikan kelas. | ||
Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif wacana hal-hal yang berkaitandengan materi Akidah Islamiyah yang diketahui akseptor didik | ||
Peserta didik diberi klarifikasi wacana manfaat mempelajari iman Islambagi kehidupanyang akan dipelajari | ||
Guru memberikan tujuan pembelajaran | ||
Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok | ||
Peserta didik menyimak mekanisme pelaksanaan pembelajaran | ||
Kegiatan Inti | Deskripsi | |
*** Stimulation (stimulasi/pemberian rangsang) | Peserta didik memperhatikan dan merenungkan dongeng Nabi Ibrohim a.s mencari dewa dan pola gambar, video atau fenomena wacana kebenaran iman Islam yang ada pada rubrik “Amati dan Perhatikan”( Literasi) | 60 |
Peserta didik mendengarkan klarifikasi guru wacana dongeng dan gambar yang diamati | ||
4C (creative, comunicative, critical thinking, colaboratifI) | Peserta didik menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang ada dibenakanya hasil dari pengamatan pada kolom “Penasaran”. | |
Peserta didik bertanya jawab wacana pengertian iman Islam | ||
Peserta didik bertanya jawab wacana dalil iman Islam | ||
Peserta didik bertanya jawab wacana dasar-dasar iman Islam | ||
PPK | Peserta didik membaca materi/pemahaman konsep pada rubrik “Buka Cakrawalamu!” | |
Peserta didik mengidentifikasi pengertian iman Islam | ||
Peserta didik mengidentifikasi dalil iman Islam | ||
Peserta didik mengidentifikasi dasar-dasar iman Islam | ||
HOTS | Peserta didik melaksanakan aktivitas dalam rubrik “Kembangkan Wawasanmu!” | |
Peserta didik menyimpulkan pengertian iman Islam | ||
Peserta didik menuliskan dalil iman Islam | ||
Peserta didik menuliskan akibat wacana dasar-dasar iman Islam | ||
Peserta didik mengerjakan soal-soal pilihan ganda untuk menguatkan pemahaman konsep | ||
Peserta didik menjelaskan pengertian iman Islam | ||
Peserta didik menyebutkan dalil iman Islam | ||
Peserta didik menjelaskan dasar-dasar iman Islam | ||
Penutup | Guru menciptakan kesimpulan wacana materi ajar | 10 |
Guru mengadakan evaluasi. | ||
Guru menugaskan akseptor didik mencari materi wacana iman Islam dari banyak sekali sumber (buku, majalah, internet, narasumber) sebagai refleksi. | ||
Guru menyebutkan materi yang akan dipelajari selanjutnya | ||
Bersama-sama menutup pembelajaran dengan do’a dan salam. |
G. Alat dan Sumber Belajar
- Sumber: Buku Akidah Akhlak..........
- Media: Video, Slide dll
- Sikap: Observasi
- Pengetahuan: Kisi-kisi, Soal, Kunci Jawaban, Skor Tes Lisan dan Tulisan
- Keterampilan: Unit kerja Performance
- Contoh RPP Akidah Akhlak K13 Revisi 2017 Kelas 7
- Contoh RPP Akidah Akhlak K13 Revisi 2017 Kelas 8
- Contoh RPP Akidah Akhlak K13 Revisi 2017 Kelas 9
- Silabus Akidah Akhlak Revisi 2017 Kelas 7 (2 semester)
- Program Tahunan Akidah Akhlak Kelas 7 (2 semester)
- Program Semester Akidah Akhlak Kelas 7 (2 semester)
- Analisis Keterkaitan SKL, KD, KI Akidah Akhlak Kelas 7
Lengkapnya Silahkan unduh >>> DISINI <<<
Terbaru RPP Akidah Akhlak Kelas 7, 8 dan 9 Integrasi PPK, Literasi dan HOTS
Disini saya akan share RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak MTs Kelas 7 revisi terbaru 2018. Sebenarnya tidak ada perubahan yang signifikan hanya ada beberapa kolom yang dirubah dan di satukan dalam satu bab.
>> RPP Akidah Akhlak Kelas VII
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Ganjil Bab 1. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Ganjil Bab 2. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Ganjil Bab 3. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Ganjil Bab 4. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Ganjil Bab 5. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Genap Bab 6. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Genap Bab 7. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Genap Bab 8. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Genap Bab 9. Download
- RPP Akidah Akhlak VII Semester Genap Bab 10. Download
>> RPP Akidah Akhlak Kelas VIII
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Ganjil Bab 1. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Ganjil Bab 2. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Ganjil Bab 3. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Ganjil Bab 4. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Ganjil Bab 5. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Genap Bab 6. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Genap Bab 7. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Genap Bab 8. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Genap Bab 9. Download
- RPP Akidah Akhlak VIII Semester Genap Bab 10. Download
>> RPP Akidah Akhlak Kelas IX
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Ganjil Bab 1. Download
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Ganjil Bab 2. Download
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Ganjil Bab 3. Download
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Ganjil Bab 4. Download
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Ganjil Bab 5. Download
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Genap Bab 6. Download
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Genap Bab 7. Download
- RPP Akidah Akhlak IX Semester Genap Bab 8. Download
Nah itulah salah satu pola RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 revisi tahun 2018 dengan mengintegrasikan PPK, Literasi, 4C dan pembelajaran era 21 HOTS. RPP diatas mungkin masih banyak kekurangannya namun itulah sebagian kecil pola integrasi model pembelajaran era 21. Saya yakin model diatas sudah diterapkan oleh guru bidang study disekolah masing-masing.
Terima kasih agar bermanfaat, aamiin.
Belum ada Komentar untuk "✔ Referensi Rpp K13 Dogma Adab Revisi 2017 Integrasi Ppk, Literasi, 4C Dan Hots"
Posting Komentar